Tips Menarik Buat Web Designer

14 04 2008

Tips Menarik buat Web Designer

Beberapa tips menarik yang selama ini jadi panduan gw dalam desain website. Untuk kamu yang menekuni profesi designer, u must read this :

Kompatibilitas

Kompatibilitas itu maksudnya halaman web dapat ditampilkan dengan baik pada semua browser. Masing-masing browser menampilkan halaman web dengan caranya masing-masing. Browser yang ada di pasaran sekarang, seperti Internet Explorer , Netscape Navigator , Opera , Mosaic, KatieSoft , Firefox, Neoplanet etc memiliki cara yang berbeda dalam menampilkan halaman web. Karena masing-masing browser memiliki standar yang berbeda-beda. Ada yang belum bisa menampilkan halaman yang di dalamnya memiliki script (Javascript maupun VBScript), ada pula yang tidak bisa menampikan Java applet, dan lain sebagainya.

Sebagai seorang designer web, loe musti pandai dalam merencanakan halaman web agar dapat dibaca oleh semua browser. Dan adapun jika ingin menargetkan beberapa browser saja misalnya kompatibel dengan Internet Explorer (selanjutnya kita sebut saja IE) dan Netscape Navigator maka harus diperhatikan versi dan apa-apa saja yang tidak dapat didukung oleh versi browser tersebut. Misalnya untuk IE 3.0 dan Navigator 3.0 belum dapat mendukung Dinamic Hypertext Mark-up Language (DHTML) dan penggunaan Cascading Style Sheet (CSS) versi 1.0 dan 2.0 belum dapat didukung sepenuhnya maka dapat dipastikan untuk tidak membuat halaman web yang berisi hal-hal tersebut di atas, soalnya kalau pun ditampilkan, halaman Anda tentu tidak seperti yang diharapkan. Pada browser tertentu penggunaan CSS yang yang berlebihan untuk browser tertentu dapat mengakibatkan halaman kita tidak seperti yang diharapkan.

Pada saat sekarang jamannya IE 7 dan Mozilla Firefox 2.0 adalah browser yang paling sering dipakai, beberapa orang ada yang pake Opera, atau beberapa browser dari linux yang sudah banyak kompability dengan berbagai macam bahasa html dan applet2nya. Tapi saran gw adalah setiap bikin coba pake IE dan Mozilla secara bersamaan. Bandingin hasilnya dan perbedaan tampilannya. Kadang-kadang akan muncul beberapa perbedaan walaupun sedikit, kalau bisa diminimalisir perbedaan tampilan antara keduanya browser itu.

Kecepatan Loading

Apa yang dicari pengunjung pada saat mengunjungi sebuah halaman web? Sudah barang tentu informasi! Kalaupun ada yang cuma ingin hiburan dalam artian ingin melihat halaman-halaman web yang bagus bukan dalam arti mencari lagu MP3 atau video yang bagus-bagus, hanya sebagian kecil yang ada. Sebagian besar pengunjung ingin melihat informasi dan hal-hal yang baru dari sebuah situs. Penggunaan banyak gambar dan script akan memperlambat waktu load halaman web. Sudah barang tentu pengunjung akan kesal menunggu dan akan berakibat fatal nantinya. Bisa saja kunjungan pertama pada halaman web Anda merupakan kunjungan yang terakhir.

Untuk itu, gunakan gambar yang berukuran kecil (dikompres). Format file GIF dan JPG baik digunakan. Abaikan gambar-gambar atau script yang tidak perlu. Gunakan seperlunya saja. Catatan penting juga buat halaman web yang memiliki image maps agar tidak membuat gambar yang tidak terlalu besar ukurannya. Apabila anda bersikeras merencanakan membuat halaman web yang penuh dengan gambar (banyak image mapsnya), usahakan tidak memiliki teks. Gambar yang loe buat sebaiknya mewakili kalimat-kalimat yang Anda tuliskan pada halaman web sehingga pengunjung tahu maksud gambar-gambar tersebut. Dan jangan lupa yang terpenting adalah membuatkan halaman khusus yang berupa teks saja (text only). Ini membantu pengunjung yang memiliki kecepatan modemnya rendah. Daripada menunggu halaman web Anda yang terlalu lama diload karena saking banyaknya gambar, maka ia bisa menuju ke halaman text only.

Kesesuaian isi dengan tema yang digunakan

Usahakan tema yang digunakan pada halaman web sesuai atau berhubungan dengan isi halaman berikutnya. Misalnya, halaman web loe berisi informasi tentang otomotif maka jangan sekali-kali membuat halaman web dengan tema music atau sebaliknya. Pada masa sekarang ada berbagai jenis tema yang dipergunakan namun kira-kira sebagai berikut : web portal, web store, web forum, web news, company profile web dan personal website. Dengan tetap pada tujuannya akan tersaring pengunjung-pengunjung yang sesuai dengan tujuan loe bikin website dan kelak akan kembali lagi pada hari-hari berikutnya.

Tata letak

Tata letak memiliki peran yang penting dalam memoles halaman web menjadi menarik. Tata letak yang salah seperti penempatan gambar dengan teks yang kurang serasi akan menimbulkan penampilan halaman web kita menjadi berkurang poinnya. Hal ini akan berdampak pada minat pengunjung untuk mengunjunginya. Tata letak ini biasanya dibagi menjadi tiga macam yaitu header, isi dan bottom. Sometimes orang suka kasih menu di samping, di atas atau di bottom. That’s no problem, nyang pasti adalah jangan sampai pengunjung nyasar dan tidak bisa balik ke halaman awal. Pada setiap page, loe kasih aja link-link menu yang masing-masing saling berhubungan.

Keindahan

Ini sebenarnya penting namun perlu diperhatikan penggunaan gambar dan tata letak. Semakin bagus dan indah suatu halaman, maka semakin betah pengunjung untuk berlama-lama menelusuri halaman anda. Sejujurnya gw sih lebih suka menampilkan keindahan daripada text only, maklum basic gw adalah grafis dan koneksi internet gw cepat, terkadang kita ndak boleh dong ninggalin yang lain. Kalaupun terpaksa harus menampilkan gambar-gambar menarik coba aja convert ke image yang sizenya kecil. Pada Adobe Photoshop ada fasilitas “save as web” hasilnya tidak beda jauh dengan gambar aslinya namun sizenya kecil.


Actions

Information

2 responses

14 04 2008
soenduenk

Fit coba lu tambahin langkah2 ngebuatnya mungkin lebih bagus

22 04 2008
infogue

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://www.infogue.com
http://www.infogue.com/design/tips_menarik_buat_web_designer/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: